Sabtu, 02 April 2011

Dunia Maya Lebih Kejam dari Dunia Nyata


Dunia maya atau lebih di kenal dengan internet buat sebagian kalangan sebagai tempat mencari ilmu, wawasan, pengetahuan, teman, sahabat dan bahkan ladang mencari nafkah. buat sebagian kalangan internet juga bisa membawa dampak buruk yang bisa menjatuhkan seseorang dalam sekejap saat mereka melakukan kesalahan atau di cari kesalahannya yang belum tentu di lakukannya. Contoh Ketika seseorang menjadi tokoh masyarakat atau orang yang di idolakan, baik itu pejabat atau artis maka dengan segala tingkah lakunya pasti senantiasa jadi perhatian semua kalangan dari mulai media massa bahan perbincangan masyarakat. Itu memang sudah resiko yang harus dihadapi dari profesi tersebut.

Namun Pada saat tokoh yang di idolakan itu melakukan kesalahan, maka penilaian atau reaksi masyarakat terhadap dirinya baik di dunia nyata maupun di dunia maya akan terasa kejam dan sangat menyakitkan. Apakah kita bisa menyalahkan perilaku masyarakat tersebut?? yang memang berbeda sifat dan karakternya, toleran terhadap penderitaan orang lain dan mau memaafkan kesalahan orang namun banyak pula manusia yang tidak peduli akan penderitaan orang lain, merasa dirinya lebih baik dan lebih bersih dari yang dihujatnya dan senang menyebarkan keburukan orang lain.

Sungguh mudah sekali menjatuhkan orang lain di dunia maya, orang yang tidak bersalah saja bisa difitnah, dihina bahkan orang suci seperti para Nabi-pun masih bisa dijadikan “Maaf” bahan lelucon, apalagi jika artis idola masyarakat yang melakukan kesalahan , karir, nama baik dan juga popularitas yang sudah di bangun bertahun-tahun dengan susah payah bisa langsung jatuh dan hilang dalam seketika, selain itu sudah pasti cacian, makian, hinaan, dan hujatan masyarakat di dunia maya akan lebih kejam dan sadis bahkan diluar batas norma dan kesopanan dibandingkan di dunia nyata. Jika kita baca pendapat masyarakat di berbagai Forum, Jejaring sosial, Milis dan bahkan Blog sungguh sangat mengerikan sekali!! orang yang mentalnya dan hatinya sekuat bajapun pasti akan terguncang dengan reaksi masyarakat yang begitu kejamnya di dunia maya.

Dengan semakin pesatnya pengguna internet dan kemudahan internet di akses di manapun dan kapapun supaya lebih mewaspadai terutama oleh tokoh masyarakat atau seorang public figur yang di idolakan oleh banyak orang. karena mungkin memang payung hukum di dunia maya masih belum kuat dan masih belum bisa menjerat para pelaku yang melakukan tindakan kriminal di dunia maya. Waspadalah.. Waspadalah…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar